Perjalanan Supranatural Saung Bandung


PERJALANAN SUPRANATURAL FORSUP KASKUS BANDUNG
BANDUNGBAPAK IDU DURAHMAN Desa GaludraUYUT OHAN WIJAYA KUSUMAH Gunung SimpayEYANG POPAY Sukaraja

Rahayu Rahayu Rahayu,

Segala syukur kami panjatkan pada Yang Maha Kuasa karena atas ridho dan rahmatNyalah perjalanan supranatural forsup bandung pada 08 Mei 2010 dapat terlaksana tiada kurang satu apapun bahkan dilengkapkan dan dilebihkan segala sesuatunya.

Perjalanan kali ini bertujuan memperluas tali silaturahmi antara sedulur dan dengan para sesepuh serta menimba pengetahuan, memperbanyak pengalaman dan mempelajari sebagian budaya masyarakat sumedang yang sudah lama tersimpan dan sedang dilestarikan kembali.

Berikut adalah sedulur-sedulur kami yang mengikuti perjalanan supranatural forsup bandung tanggal 8 mei 2010

1.Xna
2.selfan.gerrard
3.BramDerisco
4.hui_230606
5.si wawa
6.kang pancer
7.AriefSetiawan
8.Henry dun
9.wildanmu
10.prabu18
11.davelavega
12.cyoshiro
13.ndanish
14.AriefPsychoblindman
15.Antareja
16.gradi
17.nizaet
18.pirana
19.Ardimnoer
20.Tesa
21.赤 ね 木 下

Mohon iringkan sebuah cerita walau hanya kirata ini dengan doa agar perjalanan ini menjadi barokah dan manfaat baik bagi sedulur-sedulur yang mengikuti perjalanan dan menjadi referensi yang manfaat bagi sedulur-sedulur yang belum berkesempatan mengikuti perjalanan ini.

Kebenaran dari semua cerita ini sungguh hanya Allah yang tau, kami hanya menceritakan kenyataan yang kami alami, selebihnya silahkan menilai dari sudut pandang masing-masing dan cukup diperdebatkan dalam diri kita masing-masing.

Salam hangat kami selalu,
Saung Bandung

Cerita pembuka..

Konon pada masa yang silam diperkirakan tanggal 08 mei 2010 tepatnya pukul 07.00 pagi berkumpullah para pejuang dari daratan Jawa Barat, Jawa Timur dan daratan Jakarta untuk urun rembug sekaligus mempersiapkan keberangkatan pejuang untuk menimba setitik pengalaman dari para tetua sebagai bekal kehidupan mereka di masa depan. Satu persatu para pejuang mulai berdatangan dari segala penjuru mata angin berbekal jaket dan perut keroncongan karena belum sarapan.

Rencana keberangkatan sekitar pukul 08.00 akhirnya terpaksa diundur hingga 08.30 karena pengaruh perkebunan karet yang cukup mendominasi daerah-daerah indonesia. Namun setelah konsumsi datang maka keberangkatan tak dapat ditunda-tunda lagi dengan halangan apapun.

Akhirnya tim 1 diberangkatkan dari meeting point menuju kediaman wa Idu Durahman dengan 3 kendaraan roda empat, mereka yang tergabung pada tim 1 ini antara lain pada davelavega, prabu18, ndanish, hui, xna, kangpancer, si wawa, bramderisco, arief setiawan, wildanmu, selfan.gerrard, henry dun, dan cyoshiro dan tak lupa perlengkapan konsumsi mengiringi langkah tim 1 ini.

Berhubung tim 2 belum sampai di meeting point maka antareja, ardimnoer, Tesa dan pirana menunggu kedatangan tim 2 di meeting point yang akhirnya berangkat sekitar pukul 12.30 menuju kediaman eyang Ohan Wijaya Kusuma dengan tambahan personil ariefpsychoblindman, gradi, dan nizaet. cerita selengkapnya tentang tim 2 ini akan dibabarkan langsung oleh tim 2 nantinya..

Tim 1
tujuan : Wa Idu Durahman

Perjalanan tim 1 menuju kediaman wa Idu Durahman tidak begitu banyak yang bisa diceritakan kecuali kemacetan yang sempat menghadang dan kecelakaan yang dialami salah satu rombongan club motor berharga puluhan juta di depan tim 1 mudah2an cepat sembuh. Maka sekitar pukul 12 lebih kami tiba di kediaman beliau dan kebetulan sekali beliau sedang berada dihalaman sehingga langsung menyambut kedatangan kami.

Wa Idu Durahman bukanlah nama baru lagi dalam dunia perdalangan dan supranatural karna beliau sendiri sering disebut-sebut dengan julukan dalang jin dari Desa Galudra, Cimalaka. Sosok beliau yang tegas, benar namun penuh senda gurau membuat kami merasa sedang berada di rumah sendiri yang sedang berbincang dengan orang tua sendiri. Konon beliau pernah bertapa selama 30 tahun (padahal 3 jam aja udah berat).

Pembicaraan demi pembicaraan berlangsung menyenangkan hingga tawa-tawa lepaspun tak bisa ditahan lagi, namun pembicaraan yang sederhana itu mensuratkan berbagai pemahaman yang baru bagi seluruh tim.

Situasi menjadi menarik ketika wa Idu menunjukkan beberapa hal yang disebut gaib kemudian dinyatakan lewat data, fakta, nyata yang merupakan prinsip beliau. Beberapa sedulur kemudian diajak untuk mengangkat badan wa Idu, 3 kali diangkat masih bisa namun ketika wa idu mengatakan saya tidak bisa diangkat maka angkatan berikutnyapun gagal alias sedulur tak berhasil mengangkat wa idu. Sebuah hal yang aneh tapi nyata namun akhirnya wa Idu berkenan mengajarkan salah seorang dari tim perjalanan untuk menguasai teknik dasar memberatkan badan tadi dan hasilnya dalam hitungan detik langsung bisa dikuasai, murid yang berbakat

Spoiler for tim1 dan wa idu:

atas, kiri-kanan : selfan,bramderisco,ariefsetiawan,kangpancer,wa idu,xna,si wawa
bawah, kiri-kanan : wildanmu,hui,prabu18,davelavega

Berikutnya wa idu menunjukkan bagaimana sebuah kuku yang rata kemudian di cubit ke daun telinga awalnya biasa saja tidak ada rasa sakit namun setelah beliau menyatakan kukunya berubah menjadi kuku macan maka tiba-tiba cubitan itupun terasa sangat menyakitkan.

Masih belum berhenti di situ wa idu menekan dada rekan-rekan yang awalnya tidak sakit kemudian beliau menyatakan keluar besi dari tangannya maka tekanan di dada tiba2 menjadi sakit. masih

Yang tak kalah mendebarkan jantung ketika beliau menyayat wajahnya dengan pisau yang tajam namun tiada berbekas dan menusukkan pisau ke perutnya hingga pisau tersebut patah 2.. sayang yang ini kita gak diajarkan

Listrik di kediaman wa Idu padam sehingga kita harus menunda sementara untuk bersilaturahim dengan gaib yang ada di kediaman wa Idu,tiba-tiba saat lampu masih mati dalam suasana yang sangat mistis sekali sebuah keajaiban mengejutkan kita ketika 赤 ね 木 下 hadir di lokasi, ternyata mbak yang satu ini naik ojek dari bandung sampai ke kediaman wa Idu di sumedang. kedatangan mbak maggie memberi warna tersendiri yang takkan bisa terlupakan lewat rekaman tawa dan canda lepas dari rekan-rekan dan wa idu sendiri. mengutip kata wa Idu “jangankan kamu, saya aja bingung”

Spoiler for tim1 dan wa idu2:
atas, kiri-kanan : prabu18,ndanish,selfan,bramderisco,ariefsetiawan,k angpancer,wa idu
bawah, kiri-kanan : wildanmu,hui,maggie,cyoshiro

Dari pembicaraan yang cukup singkat itu yang bisa kita sebut pembicaraan yang menghabiskan satu batang rokok {tiap 2 hisapan kalau rokok mati diganti yang baru} ada beberapa nasehat-nasehat yang tersurat maupun tersirat disampaikan oleh beliau yang kira-kira beberapa cuplikannya antara lain :

○ percaya hal gaib, keyakinan menjadi modal utama untuk mendalami alam berikut isinya dengan sang Penciptanya.
○ iqro, bacalah alam semesta ini agar kita selaras dengan alam maka kita akan terkejut dengan apa yang bisa kita dapatkan
○ semua hal di bumi dan langit adalah milik Yang Maha Kuasa, maka janganlah kita menjadi menyembah kepada sesuatu yang merupakan ciptaanNYA.
○ janganlah kita mendalami suatu keilmuan yang belum jelas sanad ilmunya dan tak ada gurunya karna tidak akan terkontrol suatu keilmuan tersebut.
○ tinggalkan ilusi yang terlalu tinggi dan melebar karna itu akan membuat kita kehilangan arah atau bahkan bisa menjadi gila tanpa jadi orang gila.
○ belajarlah ikhlas karna tidak semua hal itu harus dipertanyakan tetapi perlu direnungkan dan dipahami.
○ santun dan saling menghargailah dengan sesama manusia dan dengan makhluk ciptaan Yang Kuasa lainnya baik itu malaikat, jin, idazil, dan roh para leluhur karna sesungguhnya semua adalah ciptaanNYA.
○ jangan memusuhi sesamamu dan ciptaan Yang Kuasa lainNYA karna sungguh dengan kebaikan kita maka suatu keburukanpun dapat berubah menjadi kebaikan.
○ jin terkadang berdampak buruk terhadap manusia justru karna ada manusia lain yang mengarahkannya maka pahamilah dahulu segala sesuatunya sebelum kita mengambil kesimpulan.
○ Jagalah ucapan kita baik secara sengaja maupun tidak sengaja karna itu semua baik sedikit maupun banyak dapat berdampak bagi sekitar kita.
○ sebelum kita memilih seorang panutan atau guru maka dukunkan dulu calon guru tersebut.. dukunkan artinya adukan kun fayakunnya.. yang tbaik kun fayakunnya maka dialah yang pantas dijadikan tempat belajar.
○ mulutmu adalah harimaumu maka jangan sampai harimau itu menerkammu.
○ bila kita tidak percaya akan hal gaib dan kekuasaan Allah maka ciptakanlah mataharimu, bintangmu, gunungmu, dan lautanmu maka kita akan menemukan kesia-siaan
○ janganlah kita bagaikan kacang lupa pada kulitnya, ingatlah selalu pencipta dan para pendahulu kita.
○ Mari saling asah, saling asih, saling asuh, dan saling wewangi..

Sebagai penutup maka wa Idu mengajak kami silaturahim dengan gaib tanah sunda maka kami diajak memasuki sebuah goa yang cukup dalam untuk berada dalam sebuah rumah. Di dalam goa kita bertawasul mengirimkan doa untuk para leluhur. Kemudian beliau mengajak kita menyebut Kekuasaan Tuhan dan kemudian keris dapat melayang dan tombak dapat bergerak sendiri serta botol2 aquapun berjatuhan ke lantai.

Akhirnya Wa Idu meminta Eyang Prabu Siliwangi untuk hadir sehingga kami dapat bersilaturahmi secara langsung dengan beliau dan beliau berkenan hadir serta bersentuhan dengan beberapa rekan yang ingin bersentuhan langsung dengan beliau. Al faatihah

Sebuah pengalaman dan pemahaman yang berharga bagi kami. Alhamdulillah..

Tim Perjalanan Supranatural
Tujuan : Eyang Popay Desa Sukaraja

Tim 2 setelah bersilaturahmi dengan Eyang Ohan Wijaya Kusumah sudah lebih dahulu tiba di Desa Sukaraja kediaman Eyang Popay lalu disusul oleh tim 1 yang bergerak dari kediaman wa Idu Durahman selepas maghrib setelah mengisi perut yang udah mulai keroncongan di sebuah warung padang. Walaupun situasi sempat sedikit menegang di warung padang ini yang mungkin karna sambal baladonya yang terlalu pedas tapi akhirnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan suasana hati yang riang lagi cemas karna khawatir terlalu malam tiba di Desa Sukaraja yang perjalanannya sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam dari Cimalaka.

Sekitar pukul 22.00 tim 1 akhirnya tiba di kediaman Eyang Popay setelah menempuh perjalanan yang dengan trek yang cukup menegangkan melewati hutan-hutan bambu dan jurang di sebelah kanan. Sempat terjadi salah jalur yang dialami oleh om dave dengan rombongan karna harusnya ngambil trayek ke arah tasik tapi nyelonong ke arah Garut untung dunia semakin canggih dengan adanya alat yang namanya telepon genggam hingga om dave dan rombongan akhirnya memutar balik arah menuju tasik.. bisa dibayangkan yang terjadi kalau keterusan ke Garut dijamin rombongan om Dave bakal berendam air panas di Garut masalahnya adalah kita gak ikut berendam .

Kejadian yang tak kalah menarik adalah ketika dipersimpangan cibugel kita dikagetkan oleh kepala ndanish yang keluar jendela mobil dengan tampang yang sangat puas entah apa yang terjadi di dalam mobil tersebut biarlah hanya kanvas yang tau .

Spoiler for tim:

Suasana kebut-kebutan dalam perjalanan memang tak terelakkan lagi, mungkin harusnya perjalanan ini diberi label offroad di depannya sampai2 mobil om dave terpaksa dipijet kakinya dibengkel

Tiba di Sukaraja kita langsung diminta meluncur ke bagian desa yang lain, ternyata tim 2 sudah berada di sana dengan wajah2 yang sumringah.. hmm.. ada apa kira2 ya..

Ternyata tim perjalanan supranatural kaskus regional bandung beruntung sekali disambut oleh upacara adat kesenian yang diadakan 1-2 kali setahun. Kesenian yang ditampilkan adalah bingbrek. Bingbrek ini mengisi sebuah acara adat ngaruwat desa yang bertujuan untuk menolak bala dan sebagai ucapan syukur atas hasil panen. Acara yang sangat meriah sekali karna seluruh masyarakat desa Sukaraja menghadiri acara tersebut.

Yang tak kalah menarik dari kesenian bingbrek ini adalah ngibingnya.. untuk mengundang penonton ikut ngibing adalah dengan memberikan/mengalungkan selendang ke penonton. ada 2 jenis selendang yang digunakan yaitu yang berwarna hitam dan merah. Selendang berwarna hitam bila diberikan kepada salah seorang penonton maka dia harus ngibing ke panggung atau tempat yang disediakan, pada awal musik mulai dilantunkan tarian si penonton masih biasa saja namun ketika soulnya sudah di dapat maka penarinya seperti bergerak sendiri mengikuti alunan musik. Ada 2 versi mengenai hal ini, ada yang mengatakan ada entitas yang masuk ke tubuh si penari ada pula yang mengatakan tidak ada entitas yang masuk hanya saja energi seperti mengalir mengikuti alunan musik yang dilantunkan. Selendang yang kedua adalah selendang merah, selendang ini boleh dikatakan agak spesial karna begitu dikalungkan maka akan langsung menari dengan sendirinya jadi tidak ada proses untuk memasuki saat2 yang mungkin bisa disebut trance.

Spoiler for keramaian upacara adat:

Ada isu yang marak beredar bahwa tim 2 yang sudah lebih dulu sampai di lokasi sudah lebih dulu ngibing dan tanpa tedeng aling-aling tim 1 pun segera diberikan kesempatan oleh yang punya hajat untuk ikut ngibing ke depan. Kesempatan pertama tak disia-siakan oleh selfan dan kang arifsetiawan, awal mula masih malu-malu lama-lama gak punya malu lagi . Akhirnya sebelum acara diakhiri seluruh tim perjalanan supranatural ngibing bersama, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Spoiler for selfan si goyang maut:
Spoiler for kang arifsetiawan yang pemalu :p:

masih malu-malu

mulai goyang dangdut

keluar juga jurus shaolinnya wakakaka

eh.. cowo juga disikat
Spoiler for kang tesa:


lagi-lagi keluar aslinya

Spoiler for ngibing bareng😀:


nasib ditinggalin sendirian

Spoiler for kang pancer:

Setelah upacara adat selesai sekitar pukul 24.00 kita langsung meluncur menuju kediaman eyang Popay dimana di sana sudah dihidangkan makan malam yang ajib sekali , lagi-lagi tanpa tedeng aling-aling makanannya langsung disikat oleh tim yang memang sudah kehabisan energi waktu ngibing tadi

Makan malam sudah selesai dan rokok sudah dinyalakan maka saat-saat yang dinantikanpun tiba.. ngantuk satu persatu tim mulai mencari posisi enaknya namun sebagian melewatkan waktu untuk berdiskusi dengan eyang Popay..

Menurut kisahnya beliau pernah melakukan perjalanan 40 hari 40 malam dari ujung kulon sampai madura dengan berjalan kaki tanpa modal sepeserpun, tetapi berkat keteguhan hati dan izin yang kuasa semua dapat dilalui beliau. Bukan cerita baru pula yang santer terdengar bahwa beliau konon menurut cerita orang-orang yang mengenal beliau seringkali ketika waktu shalat dan tidak ada tempat bersih maka beliau shalat di atas pohon pisang atau pohon kelapa dan beberapa orang yang melihat beliau sedang shalat malam seringkali mereka melihat beliau melayang di udara namun menurut pengakuan beliau sendiri beliau tidak pernah merasa demikian yang dia lakukan hanyalah shalat dengan khusyuk.

Ada beberapa hal yang bisa kami kutip dari diskusi sekitar 3 jam dengan beliau di luar dari diskusi mengenai ilmu menarik sari orang-orang di sekitar kita pada bagian ini tampaknya kang arif sangat antusias sekali . Berikut beberapa petikan yang mungkin dapat kita ambil hikmahnya :
– pahamilah setiap gerak dan langkah dalam kehidupan agar kita tidak terjebak di dalamnya
– untuk memulai sebuah perjalanan supranatural ada baiknya kita mulai dengan membersihkan diri terlebih dahulu salah satunya lewat puasa.
– jangan terbuai oleh kenikmatan yang diberikan oleh makhluk-makhluk Yang Kuasa karna semua itu akan kembali kepadaNYA
– ketika kita mendapatkan suatu amalan, alangkah baiknya bila terlebih dahulu kita pahami arti dan maknanya.
– tentukan tujuan dari kehidupan kita, berencanalah
– buatlah program hidup agar ketika kita memasuki waktunya maka kita telah menumbuhkan tunas-tunas baru dalam kehidupan
– janganlah kamu membalas orang yang memukulmu ketika pukulannya bahkan tidak mampu melukaimu
– bagi para pencari atau pemilik Rantai Babi hendaklah sebelum memilikinya merantai babi yang ada di dalam dirinya terlebih dahulu.
– sebelum kita mengalami maka kita tidak akan memahami.

Akhirnya waktu sudah mulai menjelang subuh walaupun eyang sudah menawarkan untuk menginap namun karna satu dan lain hal maka kami harus melanjutkan perjalanan kembali ke Bandung. Kepulangan ini sedikit mendapat hambatan namun akhirnya bisa ditangani oleh kang arif dan kang wisnu

Dilepas oleh salam maka kami melanjutkan perjalanan kembali ke Bandung dengan berbagai pelajaran yang kami dapat hari itu. Tiba di Bandung pagi hari kemudian berkumpul kembali di meeting point, tak berapa om dave dan om prabu pamit undur diri namun yang aneh kepulangan mereka bagaikan angin semilir di malam hari yang tak ingin meninggalkan jejak dan membangunkan sesuatu.. entah ada apa dibalik itu hanya mereka yang memahaminya

Badan mulai tak kuasa menahan lelah maka akhirnya rekan-rekan kembali ke peraduannya masing-masing dan yang paling beruntung pagi itu adalah pirana yang akhirnya mendapatkan doorprize yang luar biasa untuk dibawa pulang yang pasti tanpa potongan pajak

Spoiler for pria berbaju putih yang beruntung:

Perjalanan kali ini sungguh sebuah warna baru dalam perjalanan hidup, selain bertambah lagi saudara kami juga memberikan wawasan dan pemahaman yang luas tentang apa dan bagaimana hidup dan kehidupan. mudah-mudahan menjadi manfaat dan modal dalam menjadi hidup yang singkat ini.. amiin..

demikianlah sekelumit cerita kami yang tak dapat kami lukiskan lewat kata-kata indah namun kami yakin masing-masing peserta tim perjalanan kali ini mendapat hikmah dan pengalaman yang berharga..

mudah-mudahan silaturahmi kita semakin erat dan kita dapat bertemu dalam perjalanan-perjalanan memahami kehidupan di waktu yang akan datang amiin..

Al Faatihah terkirim untukmu semua saudara..

salam hangat kami,

saung bandung

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: