Menyemai Biji Anthurium


Anthurium masih tetap digemari banyak kalangan, berikut beberapa langkah menyemai biji anthurium

1. Buah anthurium yang muncul dari tongkol/spadiks diambil dan dibersihkan daging buahnya secara manual dengan jari sampai terasa kesat di jari dan tidak licin lagi. Kalo tidak bersih daging buah ini bisa jadi media yang cocok untuk jamur/bakteri yang nanti mengakibatkan biji gagal berkecambah.

2. rendam selama 30 menit biji anthurium tersebut dalam larutan (Vit. B1 1ml + 1 liter air) atau pemacu tumbuh lainnya misal rooton F dan zat lain pemacu akar.

3. Siapkan tisu sekitar 6 lapis diletakkan di atas loyang plastik/wadah snack, kemudian disemprot larutan (atonik 1ml + 1 sendok teh anti jamur + 0.5 sendok teh anti bakteri + 1 liter air), letakkan biji di atas tisu basah tsb (A ke B) .Tutup rapat dengan plastik yang diiikat bagian tepinya dengan karet gelang atau dengan penutup lain sesuai kondisi. Dengan cara ini kita lebih bisa menjaga kelembapan di dalam bedeng buatan tersebut dan lebih bisa menyeragamkan kecepatan tumbuh biji. Misal biji yang hari ke-7 sudah pecah bisa kita pindahkan dulu di media semai no.4. Repotnya kita harus memindahkan biji sebanyak 2 kali yaitu ke loyang dan ke media.

4. Setelah 5-10 hari biji akan berkecambah (akar keluar dari biji). Setelah akar mencapai panjang sekitar 0.5 cm pindahkan biji anthurium yang sudah berkecambah ke atas media semai (B ke A) dari campuran pakis cacah halus (panjang cacahan < 2 cm): arang sekam = 5 : 1, Taruh media tsb dalam pot ato box sterofoam. semprotkan larutan no. 3 media dengan menggunakan sprayer tangan sampai jenuh air. Tidak perlu mengukus media krn dengan disemprot anti jamur dan anti bakteri tadi media sudah cukup aman untuk media semai biji anthurium. Kecambah tidak perlu ditutup/ditabur media diatasnya. Kalau biji yang disemai dalam jumlah banyak, agar nantinya mudah menghitung lebih baik biji diatur sedemikian rupa sehingga membentuk barisan dan kolom sehingga nanti kalau menghitung lebih mudah, tinggal dikalikan panjang x lebar dikurangi biji yang todak mau tumbuh.

5. Tutup wadah dengan plastik terus diikat dengan karet gelang atau di tutup dengan kaca. Penyiraman di awal penyemaian sudah cukup untuk sampai menuju langkah 6.

6. Buka tutup pot setelah tangkai daun pertama sudah mulai tumbuh. Kecepatan tumbuh 1 biji dengan biji disampingnya pasti beda, buka tutupnya setelah jumlah biji yang bertangkai daun lebih dari setengah jumlah total biji dalam box . Letakkan box di tempat yang teduh. Saat ini akar kecambah akan sudah mulai menancam dalam media semai. Kontrol kelembapan media dengan melihat media. Siram dengan menyemprotkan air dengan alat Sprayer dng hati-hati agar posisi kecambah tidak goyang. Kalo saya cukup menyiram pada pagi hari saja sampai kecambah berdaun 2.

8. Setelah berdaun 3, akar anthurium sudah cukup aman untuk dipindah ke pot-pot baru. Untuk anthurium muda saya masih memakai media campuran pakis : sekam bakar : humus = 10 : 1 :1. Tempatkan di tempat yang teduh selama seminggu.

10. Kalau setelah seminggu dipindah dan tnyata bibit anthurium anda masih segar brarti akarnya telah bisa mencari makan di media baru dan bisa dipindah ke tempat yang terkena matahari 30%. Untuk mempercepat tumbuh saya biasa menambahkan pupuk kandang dari kotoran kambing yang telah difermentasi sebanyak 0.5 sendok teh ditabur di sekitar bibit.

11. Kalo sudah eperti ibaratnya tanaman tinggal ditiup nutrisi agar tumbuh besar dengan penyiraman (atonik 1 ml + vit B1 1ml) 2 hari sekali dan di semprot anti jamur dan anti bakteri dng durasi masing penyemprotan seminggu sekali. Tapi resiko mati tetep ada.

semoga sukses

thanks to om bert

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: