Diskusi Spiritual MA’RIFAT AL-MALAIKAT


Pembicara: KH. Drs. Muchtar Adam

Acara diskusi ini disampaikan oleh KH. Drs. Muchtar Adam, seorang Ulama karismatik dari Selayar, Sulawesi Selatan. Beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Quran Babussalam di Bandung dan mantan anggota DPR RI periode 1998-2004. Beliau juga terkenal sebagai penulis aktif yang telah menulis 35 buku dan masih aktif mengajar dan menulis sampai saat ini.

Ma’rifatul Malaikat merupakan salah satu bahasan ilmu ma’rifat yang beliau ajarkan. Di Bandung sendiri, pelajaran ini beliau ajarkan kepada jama’ah di Masjid Agung Bandung dan baru khatam setelah 1 tahun penuh.

Merupakan sebuah kesempatan yang berharga bagi kita, dapat berinteraksi langsung dengan beliau di acara gath ForSup KasKus kemarin.  Walaupun dalam waktu yang sangat terbatas, beliau menyajikan materi yang sangat luas dan dalam ini dengan baik.

kami mencatat beberapa poin penting dari diskusi Ma’rifatul Malaikat ini:

  • Malaikat merupakan makhluk cahaya yang berakal tanpa nafsu, mereka tidak menikah, tidak memiliki keturunan, mempunyai tugas masing-masing dan sangat ta’at terhadap perintah-Nya.
  • Malaikat tidak dapat dilihat AKANTETAPI kita DAPAT bersahabat, melihat dan berbincang-bincang dengan mereka dengan Izin dan KuasaNya.
  • Manusia menggunakan dan memanfaatkan alam semesta untuk kehidupannya, sedangkan malaikat adalah yang mengatur dan mengurusnya. tidak ada satu kejadian ataupun satu eksistensi di alam ini yang luput dari para malaikat. tidak ada sejengkal dari langit yang tidak ada malaikat didalamnya. Sesungguhnya ada malaikat-malaikat yang berwujud lebih kecil daripada lalat, dan ciptaan Allah yang paling banyak adalah Malaikat.
  • Jibril berasal dari bahasa ibrani kuno, secara harfiah berarti Pelayan Allah (arab: adullah), memiliki 600 sayap yang tersusun dari permata mutiara yaqut. Beliau-lah yang meluluhlantakkan kota Sodom dan Amurah, beliaulah muadzin penduduk langit.
  • 4 Pemimpin Malaikat adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail. Masing-masing malaikat mempunyai pasukan yang tidka terhitung jumlahnya.
  • Malaikat akan mendoakan hambaNya yang shaleh dan menemani mereka selalu.
  • Tawasul dan salam kepada para malaikat sangat dianjurkan. salah satu bacaan salam kepada malaikat adalah seperti berikut (bisa dibaca kapan saja):

السلام عليكم يا أهل السموات و أهل الأرض من الملائكة أجمعين السلام علينا و على عباد الله الصالحين

assalaamu’alaykum yaa ahlas-samaawaati wal ardli minal malaa-ikati ajma’iin, assalaamu ‘alaynaa wa’alaa ‘ibaadillaahish-shaalihiin.

(salam sejahtera teruntuk seluruh malaikat penghuni langit dan bumi. salam sejahtera teruntuk kami dan seluruh hamba-hamba Allah yang shaleh)

Di penutup acara diskusi ini, Kyai Muchtar Adam berkenan mengijazahkan doa Abu Mu’allaq yang terkenal dapat mengguncang langit dan menghadirkan malaikat:

يا ودود يا ذا العرش المجيد يا فعال لما يريد
أسألك بعزتك التى لا ترام وملكك الذى لا يضام وبنورك الذى ملأ أركان عرشك أن تكفينى شر هذا
يا مغيث أغثنى … يامغيث أغثنى … يامغيث أغثنى

Yaa Waduud, Yaa dzal ‘arsyil majiid, Yaa fa’aalul lima yuriid
As-aluka bi’izzatika laa turaam, wa mulkikal ladzii laa yudlaam, wa binuurikal ladzii mala-a arkaana ‘arsyika
Antakfiyanii syarra hadza (sebutkan yang mengancam anda)
Yaa mughiits aghitsnii… Yaa mughiits aghitsnii… Yaa mughiits aghitsnii…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: