Sunny sixteen (sunny f/16)


Bagaimana bila light meter pada kamera film anda mati, sedangkan mekanisme kamera tersebut masih tetap bekerja? Dalam keadaan seperti ini, terdapat semacam petunjuk yang dinamakan sunny sixteen (sunny 16). Artinya adalah dalam pemotretan luar ruangan dimana matahari bersinar cerah dan langit tak berawan, putarlah gelang diafragma pada lensa hingga angka 16 (f/16) dengan kecepatan rana (diset dikamera) sesuai dengan ASA/ISO film yang dipakai.

Contohnya bila menggunakan film ASA/ISO 200, kombinasinya menjadi 1/200 detik dengan f/16. namun, biasanya kamera manual tidak memiliki kecepatan 1/200 detik di antara angka 1/125 dan 1/250 pada selektor kecepatan rana. Untuk amannya, pasanglah kecepatan rana di 1/125 detik. Tentu saja ini akan mengakibatkan sedikit over eksposure. Namun bila memakai film negatif, hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena dapat dimanipulasi dalam pencetakan.

Lebih jauh, di bawah ini terdapat sebuah panduan yang menunjukkan angka-angka diafragma dalam beberapa kondisi. Namun, perlu diingat bahwa angka-angka ini merupakan panduan awal, jadi ada baiknya bila anda melakukan variasi dengan melebihkan dan mengurangi pencahayaan dari panduan awal ini

Kondisi/ Diafragma/ kecepatan rana
Langit cerah tak berawan; f/16 ; 1/ASA (iso) ;
Berawan ; f/11 ; 1/ASA (iso) ;
Langit putih (overcast) ; f/8 ; 1/ASA (iso) ;
Objek di bawah bayangan ; f/5,6 ; 1/ASA (iso) ;

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: